...

Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulutangkis

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulutangkis. Pengumuman ini disampaikan langsung melalui akun Instagram pribadinya. detikJatim telah meminta izin untuk mengutip pernyataan Kevin melalui DM Instagram. Dalam unggahannya, atlet asal Banyuwangi tersebut mengucapkan syukur atas karier luar biasa yang dimilikinya.

Kevin juga mengisahkan perjalanan kariernya yang dimulai sejak usia 5 tahun. Pada usia 12 tahun, ia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar impiannya menjadi atlet nasional. Pada 2013, Kevin bergabung dengan PBSI di Jakarta.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship,” tulis akun @kevin_sanjaya seperti dikutip detikJatim, Jumat (17/5/2024).

Setelah 24 tahun berkecimpung di dunia bulutangkis, Kevin memutuskan untuk pensiun. Ia mengaku telah mempertimbangkan keputusan ini secara matang dan berdiskusi dengan orang-orang terdekat.

Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulutangkis
Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulutangkis 4

Kevin Sanjaya Memutuskan Untuk Pensiun dari Bulutangkis

“Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini,” ungkap Kevin.

Keputusan Kevin untuk pensiun dipengaruhi oleh cedera bahu yang dideritanya sejak 2017 yang tidak kunjung membaik. Selain itu, pasangan ganda putranya, Marcus Gideon, juga mengalami cedera. Akibatnya, The Minions, julukan Kevin-Marcus, tidak bisa memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024. Kevin sempat dipasangkan dengan atlet lain, namun tidak berjalan mulus.

“Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” terang Kevin.

Sayangnya, setelah menunggu hingga pertengahan Januari 2024, jawaban yang diberikan PBSI tidak sesuai ekspektasinya. Kevin kemudian membuat keputusan besar pada akhir Februari untuk berhenti dari dunia bulutangkis.

Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulutangkis
Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulutangkis 5

“Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton,” paparnya.

Kevin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung perjalanannya di dunia bulutangkis. Suami dari Valencia Tanoesoedibjo itu juga meminta maaf kepada para pendukungnya yang kecewa atas keputusannya.

Kevin telah menorehkan banyak prestasi bersama Marcus Gideon, termasuk menjuarai Asian Games 2018. Kini, perjalanan karier Kevin Sanjaya di dunia bulutangkis telah resmi berakhir.

Tinggalkan komentar