...

Rilis Hari Ini, Berikut 7 Fitur Baru Windows 11

Mulai hari ini, Microsoft telah menggulirkan Windows 11 untuk perangkat yang kompatible. Windows 11 datang dengan sebuah desain fresh baru dan sejumlah fitur baru demi membantu pengguna untuk lebih produktif.

Tidak peduli apakah mereka ada di rumah atau di kantor, fitur-fitur baru Windows 11 ini akan membantu hidup menjadi lebih mudah. Fitur-fitur keren ini pun lantas membuat banyak pengguna Windows 10 tidak sabar ingin mencicipi Windows terbaru ini.

[ads]

Namun, perlu diingat juga tidak semua laptop atau PC Windows 10 bisa menjalankan Windows 11, cari tahu cara cek laptop bisa upgrade Windows 11 atau tidak sebelum memutuskan untuk menginstall Windows 11.

Lantas, fitur-fitur apa sajakah yang dibawa Windows 11? Berikut Nusamedia.co.id ulas fitur baru Windows 11 sejauh ini dan bagaimana cara menggunakannya, berdasarkan yang didemonstrasikan Microsoft.

1. Aplikasi Android

Aplikasi Android terintegrasi dan tersedia secara nativ di Windows 11 melalui Amazon Appstore yang ada di Microsoft Store yang baru.

Ini merupakan salah satu perubahan yang diinginkan para pengguna sejak lama. Meski begitu, sebenarnya di beberapa kasus pengguna bisa saja mengakses aplikasi Android tertentu di Windows 10.

Bagaimana pun juga, Windows 11 menjadi tanda pertama kali semua orang bisa mengunduh aplikasi Android langsung di PC atau laptop mereka.

Beberapa aplikasi populer yang nantinya bakal tersedia antara lain TikTok, Netflix, Pinterest, Disney Plus, Uber, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, tidak semua aplikasi Android yang ada di Google Play Store dapat diunduh dan diakses. Selain itu, pada perilisan awal pertama kali ini fitur ini masih belum tersedia.

Kabarnya, fitur aplikasi Android 11 di Windows 11 akan dirilis untuk Windows Insiders terlebih dahulu beberapa bulan ke depan, dan baru akan tersedia untuk semua pengguna di tahun 2022 nanti.

[ads]

2. Tampilan Antarmuka Baru Seperti MacOS

Salah satu yang menarik dari Windows 11 adalah desain dan tampilan antarmukanya yang dirombak besar-besaran dari Windows 10.

Alih-alih melanjutkan desain yang sama seperti generasi sebelumnya, Microsoft membenamkan sesuatu yang benar-benar baru dan fresh pada Windows 11.

Desainnya kini terlihat jauh lebih bersih dengan sudut membulat, menu Start dan Taskbar pindah ke tengah, dan warna-warna pastel, mengingatkan pengguna dengan desain khas OS khas Apple, MacOS.

3. Widget di Taskbar

Fitur baru selanjutnya di Windows 11 adalah taskbar. Ya, kini pengguna bisa menambahkan taskbar ke tampilan antarmuka.

Widget di Windows 11 merupakan umpan yang bisa dikustomisasi dan difungsikan oleh AI untuk menampilkan informasi seperti berita, cuaca, kalendar, to-do list, dan foto-foto terbaru.

Ini mirip seperti fitur yang disebut news and interests di pembaruan Windows 10 terbaru.

[ads]

4. Virtual Desktop yang Lebih Baik

Windows 11 memungkinkan pengguna membuat virtual desktop terpisah dengan mudah untuk masing-masing bagian dari hidupnya, dan mengkustomisasikan mereka dengan wallpaper yang berbeda.

Sehingga pengguna bisa membuat desktop untuk kepentingan pribadi, pekerjaan, sekolah, kebutuhan gaming atau apapun itu, dan beralih dengan mudah dari satu ke yang lainnya.

Lagi-lagi, fitur virtual desktop ini mirip seperti yang sudah ada lebih dulu di MacOS.

5. Integrasi Microsoft Teams di Taskbar

Microsoft Teams, platform percakapan video Microsoft kini terintegrasi langsung dengan taskbar Windows 11, membuatnya lebih mudah untuk digunakan sehari-hari.

Pengguna juga bisa langsung terhubung dengan Teams lintas platform seperti Android, Mac, atau bahkan iOS.

6. Snap Layouts

Dengan fitur Snap Layouts, ketika pengguna sedang bekerja dengan banyak jendela aplikasi yang terbuka, Windows 11 akan mengatur mereka dengan tata letak yang berbeda di layar, dan akan menyimpan semua jendela tersebut sesuai dengan tata letak tadi.

[ads]

7. Snap Groups

Snap Groups adalah sekumpulan jendela aplikasi terbuka yang disimpan di Snap Layouts, fitur sebelumnya. Snap Groups dapat ditemukan di taskbar agar bisa diakses dengan mudah sekali lagi. Dengan begitu, pengguna bisa me-minimize atau me-maximize mereka sebagai sebuah grup.

Tinggalkan komentar