...

Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024

Sebuah studi global yang dilakukan oleh Savills World Research mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, investasi di bidang real estate di seluruh dunia akan mengalami peningkatan dan mencapai puncaknya pada kuartal ketiga. Hasil penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa Portugal menjadi salah satu destinasi yang paling diminati untuk investasi real estate karena memiliki potensi pariwisata yang tinggi.

Dikutip dari The Portugal News, pada Rabu (3/1/2024), peneliti Savills menyatakan optimisme terkait lingkungan investasi pada tahun 2024. Sebanyak 57% dari responden memperkirakan adanya peningkatan kegiatan investasi yang moderat, dan tren ini diprediksi akan kuat hingga tahun depan.

Data positif ini menunjukkan peningkatan sebesar 70% pada sektor properti residensial multi-keluarga karena permintaannya telah melampaui pasokan yang ada. Selain itu, sektor properti industri dan logistik juga mengalami peningkatan sebesar 66% karena didorong oleh fundamental yang kuat. Proyeksi peningkatan investasi ini terutama dipicu oleh pasar utama, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Tantangan yang dihadapi oleh pasar real estate Eropa termasuk kenaikan suku bunga yang berdampak pada nilai aset dan perlambatan arus investasi. BNP Paribas Real Estate, perusahaan konsultan properti komersial Eropa, memproyeksikan pemulihan pada tahun 2024, terutama karena investor telah menetapkan strategi menghadapi lingkungan makro ekonomi yang lebih stabil.

Pada pertengahan tahun 2023, investasi Eropa mengalami penurunan signifikan sebesar 57% dalam satu dekade. Meskipun beberapa negara seperti Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, dan Italia mengalami penurunan, Spanyol justru mencatat peningkatan investasi.

Untuk pasar perumahan Eropa pada tahun 2024, separuh awal tahun 2023 menunjukkan penurunan investasi residensial sebesar 62% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022. Savills menyoroti perlunya penyesuaian harga untuk mendorong transaksi, terutama bagi mereka yang melakukan refinancing atau pelunasan pinjaman dengan mengajukan pinjaman baru untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah. Meskipun harga rumah bekas diperkirakan akan mengalami penurunan selama lima tahun ke depan, tantangan masih terkait dengan tingginya permintaan sewa dan menurunnya keterjangkauan akibat kenaikan suku bunga dan harga rumah.

Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024
Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024 5

Singkatnya, meskipun pasar real estate di Eropa menghadapi tantangan, prospek pasar ini memprediksi adanya evolusi pemulihan bertahap pada tahun 2024, dengan Portugal menjadi salah satu destinasi investasi perumahan yang menarik karena keunggulan pariwisatanya yang terus berkembang.

Pasar real estat Eropa telah lama menjadi pusat perhatian bagi investor yang mencari peluang menguntungkan. Saat kita melihat ke depan menuju tahun 2024, ada nuansa optimisme di udara, terutama dengan Portugal muncul sebagai target utama bagi investor cerdas.

Portugal: Surga Bagi Investor

Di antara negara-negara Eropa, Portugal menonjol sebagai bintang bersinar untuk investasi real estat. Dengan lanskap yang indah, kebijakan pajak yang menguntungkan, dan ekonomi yang berkembang pesat, Portugal menjadi pusat perhatian bagi mereka yang ingin diversifikasi portofolio mereka.

Tren Real Estat Saat Ini di Eropa

Menganalisis keadaan saat ini dari pasar real estat Eropa membuka tirai tren menarik. Meskipun menghadapi tantangan baru-baru ini, pasar menunjukkan tanda-tanda pemulihan, didorong oleh berbagai faktor mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga kemajuan teknologi.

Faktor Ekonomi yang Membentuk Lanskap Real Estat

Indikator ekonomi memainkan peran penting dalam menentukan lintasan pasar real estat. Saat Eropa mengalami pertumbuhan ekonomi, sektor real estat diharapkan mengikuti, menawarkan peluang bagi investor untuk memanfaatkan momentum positif ini.

Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024
Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024 6

Dampak COVID-19 pada Real Estat Eropa

Pandemi COVID-19 tanpa ragu meninggalkan jejaknya pada sektor real estat. Namun, pasar telah menunjukkan ketangguhan, beradaptasi dengan norma baru dan menerapkan strategi untuk menavigasi masa-masa sulit ini.

Kebijakan Pemerintah dan Real Estat

Kebijakan pemerintah memiliki pengaruh signifikan pada pasar real estat. Memahami kebijakan mendatang dan dampak potensialnya menjadi kunci bagi investor yang ingin membuat keputusan yang terinformasi.

Teknologi yang Muncul dalam Real Estat

Kemajuan teknologi sedang mengubah lanskap real estat. Dari tur properti virtual hingga transaksi berbasis blockchain, teknologi sedang membentuk cara pembeli dan penjual berinteraksi di pasar.

Praktik Pasar Real Estate Berkelanjutan

Dengan penekanan yang semakin besar pada kesadaran lingkungan, praktik real estat berkelanjutan semakin mendapat perhatian. Investor semakin tertarik pada properti ramah lingkungan, sejalan dengan komitmen lebih luas terhadap keberlanjutan.

Peluang Investasi di Luar Portugal

Meskipun Portugal memiliki potensi besar, diversifikasi tetap menjadi strategi kunci bagi investor. Menjelajahi peluang di wilayah lain memastikan portofolio investasi yang seimbang dan tangguh.

Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024
Pasar Real Estate Eropa Diramal Pulih di 2024 7

Tantangan dan Risiko Real Estate

Meskipun pandangan positif, penting bagi investor untuk menyadari tantangan dan risiko potensial. Mulai dari ketidakpastian ekonomi hingga faktor geopolitik, memahami dan mitigasi risiko adalah kunci kesuksesan jangka panjang.

Peran Agen Real Estat dalam Pemulihan

Profesional real estat memainkan peran vital dalam menstabilkan pasar. Keahlian dan wawasan mereka membimbing investor melalui kompleksitas transaksi real estat, memastikan perjalanan investasi yang lebih lancar.

Perilaku dan Preferensi Konsumen

Pada tahun 2024, memahami preferensi konsumen sangat penting. Investor perlu menyelaraskan strategi mereka dengan kebutuhan dan keinginan berkembang dari pembeli properti, tetap berada di depan tren di pasar.

Pentingnya Waktu dalam Investasi Real Estat

Waktu adalah segalanya dalam real estat. Investor yang memahami nuansa waktu pasar dapat memaksimalkan keuntungan mereka. Keputusan strategis berdasarkan waktu pembelian atau penjualan Real Estate dapat membuat perbedaan signifikan dalam hasil investasi.

Prediksi Masa Depan dan Opini Pakar Real Estate

Mendapatkan wawasan dari para ahli industri memberikan perspektif berharga. Prediksi untuk lima tahun mendatang memberikan gambaran singkat tentang potensi lintasan pasar Real Estate Eropa, membantu investor membuat keputusan yang terinformasi.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, pasar real estat Eropa siap pulih pada tahun 2024. Dengan Portugal memimpin jalan, investor memiliki kesempatan emas untuk memanfaatkan tren yang berkembang, kemajuan teknologi, dan praktik berkelanjutan. Menavigasi tantangan dengan bimbingan profesional real estat dan memahami dinamika pasar akan menjadi kunci untuk perjalanan investasi yang sukses.

Tinggalkan komentar