...

KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota

Pada Kamis, 25 Januari 2024, sebanyak 20.839 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS Pemilu 2024 telah dilantik di GOR Mustika Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Widi Nurintan Ari Kurnianto, Ketua KPU Kabupaten Blora, menjelaskan bahwa setelah dilantik, anggota KPPS dapat langsung mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di wilayah masing-masing.

Menurutnya, bimtek tersebut berlangsung dari hari Kamis, 25 Januari 2024, hingga Sabtu, 28 Januari 2024. Anggota KPPS diharapkan dapat mengikuti bimtek dengan seksama untuk memastikan keseluruhan proses berjalan lancar. Selain itu, pelantikan KPPS diwarnai dengan kehadiran puluhan ribu anggota KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten Blora yang mengenakan pakaian seragam.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua PPK Blora, Nyunartono, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menekankan pentingnya peran KPPS Pemilu sebagai penyelenggara pemilu sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas utama KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hari itu, Kamis, 25 Januari 2024, dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS di 71.000 titik lokasi. Pelantikan juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan. KPU menyadari bahwa kebutuhan logistik Pemilu yang berbahan baku kertas dapat memberikan dampak signifikan terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, penanaman bibit pohon dianggap sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Diharapkan, setiap bibit pohon dapat menggantikan penggunaan kertas dalam logistik Pemilu 2024. Pelantikan secara serentak ini memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 anggota KPPS, berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan kepada 1 anggota KPPS. Diharapkan, anggota KPPS dapat menjalankan tugasnya secara profesional, berintegritas, dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara pemilu.

KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota
KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota 5

Selain itu, Ahmad Mustakim, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Blora, menjelaskan bahwa penanaman bibit pohon dilaksanakan di masing-masing desa/kelurahan, di mana setiap KPPS bertanggung jawab untuk menanam satu bibit pohon.

Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi sebuah negara. Untuk memastikan kelancaran proses pemungutan suara, pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi langkah krusial. Pada tahun 2024, sebanyak 20.839 anggota KPPS Pemilu dilantik di berbagai daerah di Indonesia.

Penjelasan Mengenai Pelantikan KPPS Pemilu 2024

Proses pelantikan anggota KPPS Pemilu dilakukan dengan cermat dan terencana. Setiap anggota KPPS Pemilu harus melewati serangkaian tahapan seleksi dan pelatihan sebelum dilantik. Jumlah anggota KPPS Pemilu yang dilantik mencapai ribuan untuk memastikan setiap TPS memiliki tim yang kompeten.

Persiapan Sebelum Pelantikan

Sebelum pelantikan, persiapan matang dilakukan. Ini mencakup pengadaan peralatan, pelatihan terkait tugas dan tanggung jawab KPPS, serta penerapan protokol kesehatan. Kesehatan dan keselamatan anggota KPPS serta pemilih menjadi prioritas utama.

KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota
KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota 6

Pelaksanaan Pelantikan

Acara pelantikan diadakan secara formal dengan mengundang pejabat terkait dan masyarakat setempat. Setiap anggota KPPS akan diberikan sumpah jabatan sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan tugasnya dengan integritas dan adil.

Peran Penting KPPS dalam Pemilu

KPPS memiliki peran sentral dalam jalannya proses pemilu. Mereka bertanggung jawab mengawasi dan memastikan proses pemungutan suara berlangsung secara transparan dan jujur. Keberadaan KPPS juga meminimalisir potensi kecurangan dan memastikan keabsahan hasil pemilu.

Tantangan dan Kendala yang Dihadapi

Meskipun memiliki peran vital, KPPS seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan. Menjaga integritas dalam tekanan politik dan mengatasi kendala logistik serta teknis menjadi ujian nyata bagi anggota KPPS.

KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota
KPPS Pemilu 2024 Melantik Sebanyak 20.839 Anggota 7

Pentingnya Kehadiran KPPS yang Profesional

Profesionalisme dalam menjalankan tugas menjadi kunci utama kesuksesan pemilu. KPPS yang profesional mampu menghadapi berbagai tantangan dengan bijak dan adil, sehingga mewujudkan proses pemilu yang bersih dan demokratis.

Peran Masyarakat dalam Mensukseskan Pemilu

Dukungan dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam mensukseskan pemilu. Melalui pengawasan dan partisipasi langsung, masyarakat turut berperan dalam menjaga integritas pemilu serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk demokrasi.

Kesimpulan

Pelantikan anggota KPPS Pemilu 2024 adalah langkah penting dalam menegakkan integritas demokrasi. Melalui peran dan komitmen anggota KPPS yang profesional serta dukungan aktif masyarakat, diharapkan proses pemilu dapat berlangsung dengan lancar dan hasil yang adil.

Tinggalkan komentar