...

Jadwal FYP TikTok untuk Upload Video Supaya Trending

Pernah kah kamu mendengar tentang FYP TikTok? Apa FYP itu? Nah FYP itu sebenarnya singkatan dari For Your Page. FYP adalah semacam halaman beranda di TikTok yang akan pertama kali muncul saat kamu membuka aplikasinya.

Bagi pengguna TikTok, FYP berfungsi untuk menampilkan konten-konten yang disukai berdasarkan riwayat tontonan, kata kunci pencarian, pengguna yang diikuti, dan faktor lain sebagainya.

[ads]

Sementara bagi kamu yang merupakan seorang content creator atau pembuat konten, fungsi FYP adalah memperluas jangkauan video untuk ditonton lebih banyak orang dan memiliki engagement yang lebih tinggi.

Dan salah satu cara masuk FYP TikTok selain dengan menggunakan lagu TikTok viral adalah dengan mengetahui jadwal posting yang bagus dan memposting video di jam-jam FYP tersebut. Sudah penasaran jam berapa saja jadwal posting TikTok biar FYP?

Langsung saja, pelajari jadwal FYP TikTok selengkapnya di bawah ini.

Jadwal Upload Video TikTok Agar Masuk FYP

Jam FYP TikTok Hari Senin

Hari Senin merupakan hari yang super sibuk, lantaran orang-orang baru memulai aktivitas setelah akhir pekan. Jadi para audiens kurang memiliki waktu untuk membuka aplikasi TikTok karena sedang bekerja maupun belajar. Meski begitu, bukan berarti tida ada waktu yang tepat untuk mengunggah konten di hari Senin agar masuk FYP.

Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang para penonton, misalnya seperti di jam makan siang atau jam menjelang istirahat setelah makan malam. Untuk lebih jelasnya, berikut jadwal upload video TikTok agar FYP di hari Senin:

  • Jam 12.00 – 13.00 (ketika audiens sedang istirahat)
  • Jam 22.00 – 00.00 (ketika audiens sedang rebahan)

[ads]

Jam FYP TikTok Hari Selasa

Hari Selasa merupakan waktu yang paling buruk untuk upload video, dikarenakan hari Selasa merupakan lanjutan aktivitas dari kesibukan di hari Senin. Tetapi kamu tetap bisa berpeluang masuk FYP TikTok di hari Selasa dengan memposting video di jam-jam berikut :

  • Jam 15.00 – 17.00 (ketika audiens sedang santai)
  • Jam 22.00 – 00.00 (ketika audiens sedang rebahan melepas penat)

Jam FYP TikTok Hari Rabu

Hari Rabu biasanya para audiens sedang santai-santainya menjalani rutinitas mereka, dan kebanyakan audiens pada hari ini membuka media sosial, termasuk TikTok. Waktu yang tepat untuk upload konten video di TikTok pada hari Rabu adalah:

  • Jam 11.00 – 13.00
  • Jam 21.00 – 22.00 

Jam FYP TikTok Hari Kamis

Menurut situs Thelastsurvivors, para pengguna TikTok memiliki waktu senggang yang sangat banyak di hari Kamis dibandingkan dengan hari biasanya. Oleh karena itulah di hari ini, ada lebih banyak pilihan jam upload video, yaitu:

  • Jam 12.00 – 13.00 (ketika makan siang)
  • Jam 15.00 – 16.00 (ketika orang – orang lagi pulang kerja / sekolah)
  • Jam 19.00 – 21.00 (ketika lagi istirahat dan bersantai di malam hari)

[ads]

Jam FYP TikTok Hari Jumat

Hari Jum’at adalah hari yang sangat santai, karena hari ini orang-orang mulai mengharapkan suasana akhir pekan dan biasanya audiens memiliki banyak sekali waktu bersantai.

Tetapi, perlu dicatat bahwa jam istirahat di hari Jumat mungkin waktu yang kurang tepat jika target audiens kamu adalah laki-laki, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan laki-laki muslim akan melakukan ibadah sholat Jumat di tengah hari.

Oleh karena itu, pilihlah jam istirahat setelah jam sholat Jumat atau sepulang kerja jika audiens utama kamu laki-laki. Untuk kamu yang audiensnya perempuan, jangan terlalu ambil pusing. Upload video kamu di jam-jam berikut pada hari Jumat:

  • Jam 05.00 – 06.00 (ketika orang sedang sarapan dan bersantai di pagi hari)
  • Jam 12.30 – 13.00 (ketika orang selesai melakukan ibadah sholat Jumat dan membuka media sosial)
  • Jam 19.00 – 22.00 (ketika orang bersantai dan menyiapkan liburan weekend esok hari)

Jam FYP TikTok Hari Sabtu

Sekarang datanglah akhir pekan. Sebagai pembuka akhir pekan, hari Sabtu merupakan kesempatan yang baik untuk mengunggah konten-konten kamu di TikTok lantaran pada hari ini waktu luang para audiens sangat banyak, jadi kemungkinan video pendek untuk ditonton sangat banyak. Berikut waktu terbaiknya:

  • Jam 08.00 – 10.00 (saat audiens punya waktu luang banyak karena weekend)
  • Jam 12.00 – 13.00 (saat bersantai pada siang hari)
  • Jam 19.00 – 00.00 (saat audiens begadang demi malam Minggu)

[ads]

Jam FYP TikTok Hari Minggu

Di hari Minggu, kebanyakan orang mungkin akan ke luar rumah untuk beraktivitas dan liburan. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan mereka membuka akun media sosial. Bagi mereka yang tidak beraktivitas di luar, membuka media sosial menjadi aktivitas favorit di rumah. Oleh sebab itu, tetaplah posting video di TikTok, terutama pada jam-jam berikut:

  • Jam 06.00 – 09.00 (saat pengguna punya waktu buat scrolling beranda TikTok)
  • Jam 11.00 – 13.00 (saat pengguna bersantai makan siang maupun rebahan)
  • Jam 18.00 – 22.00 (saat pengguna memulai istirahatnya untuk hari senin mendatang)

Sementara untuk frekuensi upload-nya, kami menyarankan untuk melakukannya sebanyak 3x dalam sehari atau sesuai dengan jadwal FYP di atas.

Selain mengetahui jadwal FYP TikTok di atas, kamu juga perlu sedikit belajar cara kerja algoritma TikTok dan cara menganalisis pengguna. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa lebih paham akan strategi masuk FYP TikTok selain dengan memposting video di jam-jam FYP.

[ads]

Cara Kerja Algoritma Pada TikTok

Setiap aplikasi media sosial memiliki algoritmanya sendiri, tak terkecuali TikTok. Algoritma ini biasanya disebut dengan open social network yang pada dasarnya dengan algoritma ini, kamu dapat melihat rekomendasi video dari hasil unggahan pengguna lain selama akun kamu tidak di-private.

Algoritma TikTok sendiri tak jauh berbeda dengan algoritma platform media sosial lainnya, yang mana rekam jejak tontonan video kamu akan dijadikan sebagai patokan utamanya. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang memengaruhi algoritma TikTok, antara lain:

  • Komentar pada video
  • Memberikan love/like
  • Share video
  • Menonton video langsung dari profil user
  • Menonton ulang video

Dari daftar faktor di atas lah algoritma TikTok akan menentukan video apa saja yang ditampilkan di FYP akun kamu.

Setelah mengetahui algoritma TikTok kerjanya seperti apa, sekarang mari pelajari cara menganalisis audiens TikTok.

[ads]

Cara Menganalisis Pengguna TikTok

Untuk melihat apakah akun TikTok kamu sudah mengalami perkembangan atau tidak, kamu harus melakukan analisis pengguna pada akun. Ini berguna untuk mengetahui insight dari video kamu, jumlah pengikut, dan juga jumlah kunjungan ke profil kamu.

Sebelum bisa menganalisis pengguna, pastikan akun TikTok kamu sudah beralih menjadi akun Creator.

Kalau sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk menganalisis audiens TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Buka profil kamu dengan masuk ke menu Me yang ada di pojok kanan bawah
  • Tap pada menu … (titik tiga) di pojok kanan atas
  • Masuk ke menu Creator tools
  • Pilih Analytics

Maka data dan segala insight dari akun kamu akan ditampilkan di sini, mulai dari ringkasan secara keseluruhan, insight konten, data pengikuti, dan lain-lain. Kamu bisa melihat semua data tersebut dan membukanya satu per satu agar bisa melihat detail yang lebih spesifik lagi.

Nah, dengan berbekal analisis audiens tersebut dan jadwal FYP TikTok tadi, kini kamu bisa lebih mudah dalam merancang strategi dan meningkatkan peluang videomu masuk FYP.

Tinggalkan komentar