Google Resmi Merilis Android 12 Versi Stabil ke AOSP

Nusamedia.co.id — Melalui blog pengembang Android, Google mengumumkan bahwa mereka secara resmi telah merilis Android 12 versi final atau stabil ke Android Open Source Project (AOSP) pada Senin (4/10/2021).

Kabar ini juga turut dikonfirmasi akun resmi Android Developers di Twitter.

Akan tetapi, ini bukan berarti pengguna dapat langsung menikmati pembaruannya di perangkat masing-masing. Perlu diketahui bahwa Android versi AOSP dan Android yang diterima pengguna tidaklah sama. Perilisan Android 12 di AOSP ini mengartikan bahwa versi stok bawaan dari sistem operasi ini telah tersedia.

Namun, sebelum dapat dinikmati pengguna, biasanya masing-masing vendor smartphone akan mengkustomisasinya terlebih dahulu dengan tampilan antarmuka mereka, seperti One UI dari Samsung, atau MIUI dari Xiaomi.

Bahkan Google Pixel yang merupakan ponsel produksi Google sendiri juga masih belum mendapatkan pembaruan Android 12 stable ini.

“Perhatikan Android 12 sebentar lagi akan datang menghampiri Anda dimulai dengan perangkat Pixel beberapa minggu ke depan, kemudian disusul dengan Samsung Galaxy, OnePlus, OPPO, Realme, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akhir tahun ini.” tulis Google di Android Developers Blog.

Kendati demikian, berita ini merupakan sesuatu yang besar terhadap siklus rilis Android terbaru yang mengartikan bahwa inti Android 12 sudah selesai.

Para pengembang OEM pun sekarang bisa bebas merilis versi Android 12 mereka sendiri dan bagi mereka yang ingin memodifikasi sistem operasinya untuk merilis custom ROM juga bisa melakukannya.

Menariknya, OEM lain mungkin saja dapat merilis Android 12 stable sebelum Google melakukannya untuk Pixel. Kita masih harus menunggu dan melihat apa yang terjadi, tetapi ini mungkin akan menjadi pertama kali perilisan Android menghampiri ponsel non-Pixel lebih dulu.

Sebelumnya, pada tahun lalu Google merilis Android 11 stable di awal bulan September. Namun, Android 11 tidak membawa perubahan drastis dari Android 10. Oleh sebab itu, mudah bagi Google untuk tetap berada di jadwal rilis yang dijanjikan.

Sayangnya, itu tidak terjadi pada Android 12 tahun ini. Karena versi baru Android kali ini benar-benar berbeda dengan versi sebelumnya, tidak heran Google jauh terlambat dalam merilis Android 12 stable dibandingkan tahun lalu.

Tinggalkan komentar