OnePlus Rilis OxygenOS 12 Open Beta untuk OnePlus 9 dan 9 Pro

Nusamedia.co.id — Setelah ponsel OnePlus 9 dan 9 Pro menerima beberapa versi pratinjau pengembangan Android 12, kini kedua ponsel ini siap menerima sistem operasi OxygenOS 12 Open Beta pertama.

Sesuai dengan namanya, OxygenOS 12 ini didasarkan pada Android 12. Namun, berbeda dengan DP build sebelumnya, kali ini OnePlus mengintegrasikan basis kode Andorid 12 dengan tampilan OxygenOS-nya.

Tidak hanya itu, integrasi basis kode juga terjadi antara OxygenOS 12 dan ColorOS 12. Perusahaan berjanji, dengan integrasi tersebut akan menghadirkan pengalaman pengguna lebih baik, sistem lebih stabil, serta lebih hemat daya.

OxygenOS 12 sendiri hadir dengan UI baru yang lebih segar. Hal ini akan memberikan kemudahan pengguna dalam menggunakan OnePlus.

OnePlus menyebutkan, salah satu yang baru dari OxygenOS 12 ialah dukungan penggunaan cahaya ruangan yang cerdik, dengan menyederhanakan visual melalui dekonstruksi geometris. Tidak hanya itu, perubahan ikon pun dilakukan dengan tekstur yang ditingkatkan.

Sementara itu, setelah tersedia di India untuk sementara waktu, pengguna global kini bisa mengintegrasikan OnePlus Scout ke dalam Rak. Ini merupakan layanan satu atap dalam pencarian.

Dengan integrasi OnePlus Scout ke dalam Rak, maka memungkinkan pengguna bisa menemukan berbagai konten seperti kontak, dokumen, trek musik, dan file lainnya dalam satu pencarian.

Jika sebelumnya Work Life Balance 2.0 didasarkan pada filosofi Mode Zen, hanya tersedia untuk pengguna di India. Pada OxygenOS 12 hal tersebut akan tersedia secara global, dengan versi yang lebih baik.

Fitur Work Life Balance 2.0 terbaru akan mendukung peralihan antara mode gaya hidup, dan mode kerja. Peralihan mode ini nantinya tergantung pada waktu, jaringan Wi-fi, atau lokasi perangkat.

Pembaruan lainnya terjadi pada perangkat game OnePlus. Pembaruan ini akan menghadirkan fitur pilihan seperti jendela FPS mengambang, filter game, pengaturan frame rate. Tidak hanya itu, akan ada perbaikan pada modulator suara baru yang berfungsi di beberapa game seperti PUGB, Mobile Legends, dan Free Fire.

Canvas AOD 2.0 juga ada di OxygenOS 12, dioptimasi berdasarkan fungsi aslinya, juga ada tambahan kuas dan garis warna baru untuk kustomisasi yang lebih baik. Sedangkan aplikasi Note memiliki fungsi editing yang baru, alat format baru, dan sebuah fitur doodle.

Jika Anda ingin mencoba OxygenOS 12 sendiri di ponsel OnePlus 9 atau 9 Pro, pastikan kapasitas baterainya berada di atas 30% dan masih ada 3GB ruang penyimpanan tersisa. Setelah itu, masuk ke postingan forum untuk mengunduh berkasnya.

Perlu diperhatikan bahwa mungkin akan terdapat banyak isu dan bug. OnePlus sendiri pada faktanya bahkan menyebut kamera mungkin tidak stabil, panggilan dan pesan tidak diterima, aksesoris bluetooth gagal untuk terhubung, tombol di galeri tidak berfungsi semestinya, dan perekaman layar tidak tersimpan.

Itu hanyalah beberapa isu yang diketahui. Oleh sebab itu, disarankan jangan mencoba ini pada ponsel utama dan satu-satunya yang Anda miliki.

Ke depannya, OxygenOS 12 Open Beta build ini juga akan menyambangi OnePlus 8, 8 Pro, 9R, 8T, 7Pro, 7, 7T Pro, Nord 2, Nord, dan Nord CE.

Tinggalkan komentar