Xiaomi Kuasai Pangsa Pasar Ponsel Indonesia di Q2

Nusamedia.co.id — Perusahaan ponsel pintar asal Beijing, Tiongkok, Xiaomi, berhasil menguasai pasar ponsel Tanah Air pada kuartal kedua tahun 2021. Xiaomi berhasil menggeser merek besar lainnya seperti Vivo, OPPO, hingga Samsung.

Dengan kesuksesan Xiaomi menggeser para pesaingnya di pasar Indonesia, maka ini pertama kalinya Xiaomi menjadi merek ponsel terbesar di Indonesia dari sisi pengiriman.

Sementara itu, hasil riset yang dilakukan Counterpoint menyebutkan, pengiriman ponsel pintar Tanah Air pada kuartal II tahun 2021 meningkat sebesar 28 persen dibanding tahun lalu.

Peningkatan terjadi karena beberapa faktor. Mulai promo penawaran Idul Fitri, peluncuran beberapa ponsel baru, hingga rendahnya basis pengiriman pada kuartal I 2021, yang membuat adanya lonjakan di kuartal II.

Tidak hanya itu, meningkatnya daya beli masyarakat melalui marketplace pun turut andil kenaikan penjualan ponsel pintar di Tanah Air. Setidaknya, penjualan online berhasil menyumbang 19 persen dari pasar smartphone di kuartal II tahun 2021.

“Saluran online menyumbang 19 persen dari pasar smarphone pada kuartal II 2021. INi lebih tinggi pra-pandemi yang hanya sebesar 13 persen pada kuartal 1 tahun 2020,” ujar Analis Counterpoint, Paula Ruth, dalam keterangan tertulis kepada awak media, Senin (4/10).

Berikut beberapa merek ponsel penguasa pasar Indonesia pada kuartal II menurut Counterpoint

  • Xiaomi dengan pangsa pasar 26 persen
  • Vivo dengan pangsa pasar 21 persen
  • OPPO dengan pangsa pasar 20 persen
  • Samsung dengan pangsa pasar 13 persen
  • Realme dengan pangsa pasar 11 persen
  • Merek lainnya dengan pangsa pasar 9 persen

Sementara itu, model ponsel paling laris di Indonesia pada kuartal II tahun 2021 adalah sebagai berikut.

  • Redmi 9C
  • Redmi 9A
  • POCO M3
  • Vivo Y21s
  • Vivo Y1s
  • Vivo Y20s
  • OPPO A54
  • OPPO A15
  • OPPO Reno 5 5G

Menurut Analis Senior Glen Cardoza, ada beberapa faktor yang memengaruhi kesuksesan Xiaomi di kuartal II tahun 2021. Termasuk strategi penjualan online Xiaomi, dan krisis komponen global yang membuat pesaingnya seperti Samsung, lebih memprioritaskan pasar tertentu.

Sementara Xiaomi, berhasil memaksimalkan penjualan online, di tengah prefensi konsumen lebih menyukai pembelian online di tengah pandemi. Hal tersebut terbukti dengan catatan Xiaomi yang berhasil meraih 30 persen pangsa pasar online Tanah Air selama kuartal II tahun 2021.

“Xiaomi tidak hanya memimpin pengiriman smartphone secara keseluruhan di Indonesia, tetapi juga menduduki penjualan online, dan meraih 30 persen pangsa,” ujar Glen Cardoza.

Tinggalkan komentar